Blogger Templates

Jumat, 11 November 2011

Pengantar bisnis minggu ke-5

  1. SEBUTKAN FUNGSI  MANAJEMEN  DAN TERAPKAN PADA DIRI ANDA DAN APA MANFAATNYA ?

Fungsi Management
Berikut adl lima fungsi manajemen berasal dari klasifikasi paling awal dari fungsi-fungsi manajerial menurut Henri Fayol yaitu:

Planning
Planning atau perencanaan merupakan pemilihan atau penetapan tujuan-tujuan organisasi dan penentuan strategi kebijaksanaan proyek program prosedur metode sistem anggaran dan standar yg dibutuhkan utk mencapai tujuan.

Organizing
Organizing atau pengorganisasian ini meliputi:
1.     Penentuan sumber daya-sumber daya dan kegiatan-kegiatan yg dibutuhkan utk mencapai tujuan organisasi.
2.    Perancangan dan pengembangan suatu organisasi atau kelompok kerja yg akan dapat membawa hal-hal tersebut ke arah tujuan.
3.    Penugasan tanggung jawab tertentu
4.    Pendelegasian wewenang yg diperlukan kepada individu-individu utk melaksanakan tugasnya.
Staffing
Staffing atau penyusunan personalia adl penarikan/proses mengajak seseorang (recruitment) dengan cara latihan dan pengembangan serta penempatan dan pemberian orientasi pada karyawan dalam lingkungan kerja yg menguntungkan dan produktif.

Leading
Leading atau fungsi pengarahan adl bagaimana membuat atau mendapatkan para karyawan melakukan apa yg diinginkan dan harus mereka lakukan.

Controlling
Controlling atau pengawasan adl penemuan dan penerapan cara dan alat utk menjamin bahwa rencana telah dilaksanakan sesuai dgn yg telah ditetapkan.
Daft (2003:6) membagi manajemen menjadi empat fungsi saja berikut penjelasannya:
1.     Planning merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn pendefinisian sasaran utk kinerja organisasi di masa depan dan utk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yg digunakan yg dibutuhkan utk mencapai sasaran tersebut.
2.    Organizing merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn penugasan mengelompokkan tugas-tugas ke dalam suatu kepengurusan sehingga semua pekerjaan dapat dikerjakan sesuai bidang masing- masing
3.    Leading fungsi manajemen yg berkenaan dgn bagaimana menggunakan pengaruh utk memotivasi kita dalam mencapai sasaran organisasi.
4.    Controlling fungsi manajemen yg berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yg sesuai dgn sasaran dan melakukan koreksi apabila diperlukan.
Manfaat dalam manajemen kehidupan sehari – hari
Dengan menerapkan fungsi menajaemen dalam keseharian membuat pekerjaan kita menjadi memiliki tujuan, sesuai rencana dan tepat sasaran sehingga hasilnya pun sesuai dengan yang diharapkan.

  1. APA  CIRI MANAJER  PROFESIONAL  BERDASARKAN KETRAMPILAN MANAJEMEN YG BERKAITAN:
    1. DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
    2. DENGAN INFORMASI
    3. DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

DENGAN HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
-         Dapat menjalin hubungan baik dengan teman organisasi dalam bekerja (Hubungan dengan para  pekerja yang lain)     
-         Memiliki kecerdasan dalam mencari peluang yang ada disekitarnya.
-         Dapat menjaga kehormatan diri sendiri serta nama baik perusahaannya.
 -          Mudah bermasyarakat & bersosialisasi
DENGAN INFORMASI
-         mengerti& dapat menggunakan sistem informasi yang ada di zaman modern ini
-         Dapat mencari informasi dengan cepat
-         memiliki informasi serta pengetahuan yang cukup dalam bidang yang dikerjakannya
-         Dapat mengelola dan mencari peluang atas informasi yang dimilikinya
DENGAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
-         Dapat mengambil keputusan yang cepat & tepat
-         Pengambilan keputusan tidak berdasarkan keuntungan pribadi
-         Pengambilan keputusan dilakukan secara obyektif

  1. SEBUTKAN BENTUK – BENTUK  ORGANISASI!
  
  • Organisasi Garis

    Organisasi Garis adalah bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah.  Dimana setiap atasan memiliki sejumlah bawahan dan bawahan bertanggung jawab kepada atas apa yang dikerjakan oleh bawahannya dan setiap bawahan hanya bertanggung jawab kepada satu atasan. Bentuk organisasi ini paling banyak dipakai dan sesuai untuk perusahaan kecil karena sederhana dan jelas.

  • Organisasi Garis dan Staff

    Organisasi ini adalah bentuk organisasi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas dan kompleks. Pada prinsipnya bentuk organisasi ini hampir sama dengan bentuk organisasi garis hanya saja disini ditambahkan staff.

    Staff adalah satu atau beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya memberi pengarahan sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan bila mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi. Staff tidak memiliki hak memerintah bawahan.



  • Organisasi Fungsional

    Organisasi ini adalah bentuk organisasi yang terbagi ke berbagai bidang sesuai dengan fungsinya, seperti misalnya: Pemasaran, Produksi, Personalia dan Keuangan. Wewenang  dan tanggung jawab melekat terhadap proses atau fungsi masing – masing sehingga setiap anggota fungsi hanya mengerjakan fungsi, wewenang dan tanggung jawabnya saja sesuai yamg telah digariskan.

    Para manajer fungsi bertanggung jawab mengawasi bawahannya sesuai dengan fungsinya, namun dapat juga memerintah ke bagian lain sepanjang masih memiliki kewenangan.

  • Organisasi Matrix

    Organisasi ini adalah bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan – pekerjaan tertentu. Batas toleransi pekerjaan yang singkat dalam perusahaan besar maka bentuk matrix inilah yang paling cocok digunakan.

    Alasan lain dari penggunaan bentuk ini adalah untuk menghindari benturan antara pekerjaan dasar dengan pekerjaan – pekerjaan tertentu sehingga kedua pekerjaan tersebut dapat selesai dengan baik. Didalam bentuk matrix terjadi hubungan anatar berbagai fungsi, misal Perusahaan sepatu yang aktivitas dasarnya adalah memproduksi sepatu menerima pesanan yang harus selesai dalam waktu tertentu dengan jumlah tertentu. Agar kedua pekerjaan tersebut dapat selesai dengan baik maka bentuk matrix ini yang akan digunakan.

  • Organisasi Komite

    Organisasi ini adalah bentuk organisasi dimana komite adalah kelompok formal yang menggantikan para manajer di dalam struktur organisasi. Anggota komite berasal dari berbagai tingkatan manajemen. Anggota komite memiliki wewenang dan tanggung jawab sehingga semua keputusan organisasi dipelajari dan dievaluasi oleh anggota komite. Bentuk ini sangat sesuai untuk organisasi yang sangat perlu sikap hati – hati dari berbagai sudut pandang, misalnya Tata usaha sekolah yang diketuai oleh seorang ketua komite.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar